Nahdlatut Tujjar Fest : 1 Abad NU dalam Pagelaran Tradisional

SIDOARJO, AGITASI.ID – Peringatan 1 abad Nahdlatul Ulama (NU) ditahun 2023 ini menjadi hal yang menarik. Banyak masyarakat yang antusias untuk ikut serta dalam perayaan ini, mulai dari daerah hingga pusat. Salah satu yang memeriahkan adalah Nahdlatut Tujjar Fest, Bazaar UMKM, kuliner dan inovasi. Acara tersebut bertempatan di lapangan volly depan dispora Sidoarjo. Salah satu pagelaran yang dipertunjukkan adalah seni bela diri Pagar Nusa. Organisasi beladiri yang dibentuk oleh Nahdlatul Ulama pada tahun 1986, sering di singkat dengan PN.

Bermula dari intruksi para kiai NU dalam menurunnya seni bela diri di lingkunan pesantren. Adapun beberapa nama-nama pendiri pagar nusa KH Suharbillah, KH Maksum Jauhari atau Gus Maksum, dan KH Mustofa Bisri.

Bacaan Lainnya

Pagar Nusa sendiri yang berartian pagarnya nahdlatul ulama tentunya berkhidmat untuk bangsa. Tujuan dari Pagar Nusa adalah mengembangkan, dan melestarikan bela diri dan pencak silat di seluruh Indonesia.

Dalam rentetan acara dalam Nahdlatul Tujjar Fest ini terdiri dari Seni Bela Diri Pagar Nusa, Tari Cokronegoro, Tari Remo Munali, dan Bantengan Suryo Manggolo.

Pagar Nusa yang dilahirkan oleh NU sudah semestinya ikut andil dalam acara 1 abad NU. Salah satu panitia Nahdlatut Tujjar Fest yakni Mahmuda mengungkap bahwa Tradisional Fest ini sangat menarik untuk mengingat dan melestarikan kesenian khususnya kepada warga Nahdliyyin.

Selain itu masyarakat juga tertarik melihat bazar UMKM yang berada tepat di sebelah panggung acara, berbagai macam bazar telah stanby di stand masing-masing. Bazaar UMKM di dalamnya berupa Kopyah 1 abad NU, baju, pupuk tanaman, snack, dan minuman.(*)

Baca Juga :  PELANTIKAN REKTOR UIN JEMBER, TANPA ABA-ABA, ADA APA?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *