TANGGAPI BENCANA DI PULAU MANDANGIN, IMADA ADAKAN BINCANG KESEJAHTERAAN

Sampang, agitasi.id – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pertanggal 20 Desember telah mengeluarkan Update Press Release Informasi Banjir Pesisir (ROB) di Wilayah Pesisir Indonesia. Dalam lampiran edaran tersebut banjir pesisir (rob) untuk wilayah Jawa Timur berpotensi terjadi pada 21 s/d 26 Desember 2022. Hal tersebut terjadi akibat adanya fenomena Bulan Baru pada tanggal 23 Desember 2022 dan perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) pada tanggal 24 Desember 2022.
Benar saja, Sabtu (24/12) dini hari air pasang disertai dengan ombak besar menghantam Pulau Mandangin Sampang, yang diawali dengan badai pada Jumat (23/12) sore.
Sehingga, dapat merusak sedikitnya tiga rumah yang dekat dengan bibir pantai. Satu di antaranya roboh hampir tak tersisa. Keesokan harinya, tetangga dan warga sekitar korban bahu-membahu untuk memperbaiki rumah yang dapat diselamatkan dengan mengecor tangkis laut. Akan tetapi, tangkis laut yang dibuat warga akibat hancur lagi pada Senin (26/12) sekitar pukul 23.00 WIB akibat air pasang dan ombak besar yang kembali menyerang.
Ach. Rojil Ghufron, Ketua Ikatan Mahasiswa Mandangin (IMADA), sangat menyayangkan minimnya perhatian pemerintah dari tingkat desa sampai daerah atas musibah bencana alam tersebut. Ia menuturkan, sampai Kamis (29/12) hanya kepala dusun (Kasun) Dusun Barat Pulau Mandangin yang memberikan bantuan uang tunai senilai Rp150.000,-.
Untuk itu, pada Kamis (29/12) ia melalui IMADA mengadakan Bincang Kesejahteraan melalui Google Meet yang dihadiri oleh anggota WhatsApp Grup.
Berdasarkan hasil Bincang Kesejahteraan yang berlangsung dari 20.00 WIB sampai 23.00 WIB tersebut, menyimpulkan akan melakukan tindakan represif dan tindakan preventif. Tindakan represif akan dilaksanakan dengan melakukan penggalangan dana untuk korban. Adapun tindakan preventif IMADA membentuk tim untuk menggali dan mengkaji data, dengan harapan akhir akan melakukan audiensi, bahkan aksi pada pemerintah daerah baik dari legislatif maupun eksekutif, secara langsung atau tidak langsung.

Baca Juga :  PERUSAHAAN ISTANA LIDI, MUI PERSULIT PEMBUATAN SERTIFIKAT HALAL

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *