Jember, agitasi.id – “Uang itu Nomor ke-1001 dalam Membangun sebuah usaha,” ucap Imam Bukhori Muslim. Seorang owner dari beberapa perusahaan terkenal. Beliau berdiri tegak dengan memegang mic, lugas dalam menyampaikan materi pada peserta, sehingga banyak momotivasi peserta. Hari itu tepatnya di Gedung C VIP pada pukul 08.30 moderator mulai Membuka acara “seminar kewirausahaan” pada hari minggu 27 Juni.

Seminar yang diadakan oleh pramuka UIN KHAS Jember sebagai program kerjanya ini telah sukses mendapat perhatian, mulai dari kalangan siswa sampai Mahasiswa. Wildan Hermansyah selaku ketua panitia, mengungkap tujuan daripada seminar tersebut untuk memudahkan siswa dan mahasiswa untuk mencari peluang usaha. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat, “melangkah sukses dalam menciptakan peluang”.

Terlihat begitu antusiasnya 115 peserta, baik itu offline atau online, menyimak pemaparan dari pemateri hebat Imam Bukhori Muslim, seorang pria yang telah meraih kesuksannya dimasa yang tergolong dini. Pengalaman yang beliau bagikan telah membanjiri pola pikir peserta, hingga ide-ide untuk melakukan sebuah usaha mulai bermunculan. “bersyukur saya telah ikut seminar ini, berkat seminar ini saya mulai mengerti bagaimana cara memulai usaha,” tutur Alfan, salah Satu peserta seminar kewirausahaan.

Didalam pemaparan Imam Bukhori Muslim, beliau membagi 3 macam tipikal pekerjaan; pertama, relasi yaitu Menjalin hubungan dan interaksi dengan berbagai tipikal rekan kerja, diperlukan untuk menemukan “titik celah” dan mengedepankan “prinsip silaturahmi”. Kedua, pertanian, Dianjurkan agar mereka yang mencari karier di bidang Pertanian dan Kehutanan menikmati bekerja di luar ruangan dan/atau bekerja dengan hewan. Ketiga, adalah saudagar pedagang Kaya yang dihormati oleh pedagang lainya. Dia juga menggolongkan fase bisnis, dimana setiap pengusaha sukses pasti akan melewati fase fase tersebut. “Didalam dunia bisnis terdapat 3 fase yang harus dilewati, Saya menyebutnya 3P perjuangan, pertahanan dan pemetikan,” tuturnya.

Sama seperti layaknya seminar umumnya, dalam seminar ini juga ada sesi Tanya jawab. Bukan main, pertanyaan yang di lontarkan peserta cukup menarik dan pantas diacungi jempol, Pasalnya pertanyaan para peserta, bukan dihasilkan melalui teori melainkan berdasarkan pengalaman, sehingga mereka telah merasakan keluhan dalam mendirikan bisnis. “sungguh pertanyaan yang para peserta lontarkan, membuat Saya juga sedikit termotivasi,” tutur Imam.

Penghujung acara Wildan Hermansyah selaku ketua panitia menyampaikan closing statement. Sebuah harapan terlihat dari pesannya “saya bangga menjadi bagian di acara seminar ini karna peserta cukup aktif dalam seminar ini, bukan hanya duduk diam dan mendengarkan, adapun pesan saya terhadap acara ini, semoga keluar dari ruangan ini, forum ini peserta dapat melakukan bisnisnya masing masing dengan lancar,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.