Jember.agitasi.id – IMJ (Ikatan Mahasiswa Jember) Adalah sebuah tali pengikat yang Seken dalam persaudaraan mahasiswa itu sendiri. Bukan hanya pengikat melainkan sebuah sarana untuk memperkenalkan budaya Jawa yang mungkin akan hilang karena adanya budaya modern yang telah merajalela. Untuk itu, dalam menjaga tradisi lokal, organisasi daerah yg di komandoi oleh IMJ akan menghidupkan kembali budaya lokal.
Kini IMJ telah mengadakan sebuah festival besar-besaran yang bernama Gebyar pendalungan. Acara itu, bertempat di gedung aula lama IAIN Jember,(27/3/2021). Gebyar pandalungan telah diadakan sejak dulu dan sudah berjalan selama 3 generasi. Sesuai dengan tema yaitu “ melestarikan budaya Jember” tujuan acara ini adalah sebagai sarana untuk memperkenalkan budaya tradisional yang ada di jember.
Acara ini dimulai pada jam 7.30 pagi hingga jam 12.00 siang, yang diawali dengan festival pelatihan batik tulis dasar. Dimana, batik ini sangat berfungsi untuk melestarikan budaya lokal khususnya di Jember. Festival membatik ini juga diseponsori oleh rumah griya batik barata, dengan materi-materi yang cukup dimengerti bagi para peserta, festival ini.
Dilanjutkan pada jam 13.00 WIB, persiapan acara puncak Gebyar pandalungan. Atas kerjasamanya para panitia kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, sehingga semua agenda terlaksana secara maksimal. Dari persiapan penampilan di panggung, semua tersusun dengan sempurna tanpa ada kendala, hingga dimulai lah acara puncak Gebyar pandalungan.
Pada acara puncak Gebyar Pandalungan dimulai pada jam 19.30 WIB, dalam acara punyak ini dihadiri oleh para tamu istimewa, “Tekat bulat dari panitia IMJ, untuk menggelar acara gebyar pandalunga ini, patut diacungi jempol, meskipun banyak dari kegiatan ini Yang kurang maksimal tapi sudah luar biasa dengan terlaksana nya kegiatan ini karena sudah banyak dari sebagian anggota yang berpartisipasi dalam agenda ini,” ujarnya.
Acara ini didukung oleh beberapa tokoh, yaitu GPN (Gubuk Pustaka Ndalung), rumah griya batik barata, sanggar tari khastarini,JFC,batik Sekarwaru, batik Jayadipa dan untuk gaun gaun juga diseponsori oleh beberapa salon-salon yang ada di Jember, ada juga dari Pengurus internal kampus yang ikut mendukung dan membantu memfasilitasi tempat Aula, untuk perizinan juga dibantu oleh pengurus SEMA-I, ”kami sangat berterimakasih kepada para tokoh dan para lembaga, yang sudah mendukung Acara ini sehingga acara ini berjalan dengan lancar dan sukses,” tutur Sufi selaku ketua panitia acara.
Pada closing, para talent dan demisioner juga Memberi penampilan yang menarik, yaitu; menari bersama, sehingga kesan dan pesan dari acara ini sangat menghibur kepada penonton, dan para tamu undangan, demisioner, dan bahkan dari ketua umum IMJ sangat mengapresiasi atas sumbangsih dan pergelaran agenda pandalungan ini. Penuh Dengan harapan yang di sampaikan oleh Ketua Umum IMJ, “harus mampu menjaga kekompakan dalam berorganisasi baik dari masing-masing pihak,”ujarnya.

Pewarta : Adval

Editor : Shohibul Bait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.