agitas.id – Indonesia begitu kaya raya akan alamnya. Alam yang sangat indah bahkan memukau begitu menarik para wisatawan asing untuk sekedar berkunjung menikmati keindahan alam pribumi. Sejuk dan nyaman untuk dijadikan tempat bercengkrama dengan keluarga ataupun teman seperjuangan. Panorama alam Indonesia banyak yang diakui oleh dunia, entah dari Candi Borobudur dan Pulau Komodo yang sempat masuk kategori 7 keajaiban dunia, bahkan Taman Nasional Ujung Kulon yang menjadi salah satu warisan budaya yang diakui oleh UNESCO. Namun, tidak banyak juga wisata alam Indonesia yang menyandang status Geopark, dikarenakan untuk menyandang status tersebut diharuskan mampu memenuhi syarat-syarat yang tertera, seperti masuk kategori geopark nasional. Saat ini ada dua kategori Geopark yang diakui di Indonesia, yang pertama tingkat nasional dan yang kedua yaitu Unesco Global Geopark (UGG) Network. Adapun destinasi wisata alam Indonesia yang masuk kedalam kategori Geopark adalah salah satunya:
Pegunungan Sewu, Pegunungan ini diakui sebagai salah satu taman bumi global (Geopark) oleh UNESCO dari tanggal 19 september 2015. Deretan pegunungan sewu terbentang dari Kabupaten Gunung Kidul D.I Yogyakarta, Kabupaten Wonogiri di Jawa Tengah, hingga mencapai Kabupaten Tulungagung di Jawa Timur. Pegunungan ini juga memiliki ciri khas yaitu memiliki batuan kapur, serta kawasan karst batu gamping yang unik dan indah. Kawasan karstnya adalah kawasan terpanjang di Jawa, karena mampu mencapai 40.000 bukit karst. Maka dari itu, tidak heran apabila UNESCO menetapkan atau mengakui Pegunungan Sewu ini sebagai salah satu taman bumi global.
Gunung Batur,Sebelum diakui sebagai golongan Geopark dunia, gunung batur terlebih dahulu diakui oleh Geopark nasional pada tahun 2010. Sejak tanggal 20 September 2012 barulah wisata alam Gunung Batur diakui oleh UNESCO sebagai salah satu Global Geopark Network. Gunung Batur terbentuk karena letusan gunung berapi yang membuat kaldera ganda. Disana juga terdapat kawah dan danau yang sangat memikat hati. Danaunya berbentuk bulan sabit hingga menambah keunikan tersendiri wisata alam tersebut. Gunung Batur terletak di Kintamani, Bangli, Bali. Gunung ini memiliki ketinggian 1.717 M, di atas permukaan laut.
Ciletuh-Palabuhan Ratu, Taman Bumi Ciletuh-Palabuhan Ratu terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Wisata alam ini mulai diakui oleh UNESCO sebagai salah satu taman bumi global sejak tahun 2015. Wisata alam ini menyuguhkan keunikan jenis batuan. Tidak hanya itu, wisata alam ini juga memiliki beragam keindahan lainnya seperti pantai, pegunungan, serta air terjun. Taman bumi ini mengambil konsep yang menyerasikan keberagaman hayati, geologi, dan budayanya.
Gunung Rinjani, Gunung Rinjani terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ia merupakan gunung aktif tertinggi kedua di Indonesia yaitu dengan ketinggian 3.726 m, di atas permukaan laut. Gunung Rinjani ditetapkan sebagai salah satu Taman Bumi Global sejak tanggal 12 April 2018, baru-baru ini. Gunung Rinjani memiliki keragaman flora dan fauna, tidak hanya itu akibat letusan besar Gunung Rinjani menyebabkan adanya kaldera, danau dan kerucut aktif Gunung Barujari yang juga menyajikan wisata alam yang sangat fenomenal.
Selain 4 Geopark di atas, ada 15 destinasi wisata alam yang termasuk golongan Geopark nasional pada tahun 2008. Namun di penghujung tahun 2018 lalu ada 8 lokasi yang bergabung dalam Geopark Indonesia yaitu Geopark Silokek (Sumatera Barat), Geopark Ngarai Sianok-Maninjau (Sumatera Barat), Geopark Sawahlunto (Sumatera Barat), Geopark Natuna (Kepulauan Riau), Geopark Pongkor (Jawa Barat), Geopark Karangsambung-Karangbolong (Jawa Tengah), Geopark Banyuwangi (Jawa Timur), dan Geopark Meratus (Kalimantan Selatan). Sebelumnya terdapat 7 lokasi lain yang lebih dulu ditetapkan sebagai Geopark nasional yaitu, Danau Toba, Merangin, Belitong, Bojonegoro. Maros-Pangkep, Tambora, dan Raja Ampat.
Kabar-kabarnya Kawah Ijen yang merupakan salah satu tempat wisata yang sudah membuming akan menyandang status geopark juga. Entah, disahkan atau tidak masih belum ada kabar yang belanjut.
Oleh : Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.